Wednesday, 29 April 2015

#BeraniLebih Banyak Mencoba untuk Mewujudkan Mimpi Orang-orang Tersayang

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba melakukan sambung pucuk untuk tanaman bougenvil si Emak. Ceritanya, si Emak lagi senang-senangnya merawat tanaman hias, termasuk bunga bougenvil. Bunga bougenvil akan lebih cantik jika disambung atau okulasi dengan tanaman bugenvil lain yang memiliki bentuk dan warna berbeda. Hal itulah yang mendorong Emak meminta saya membuat sambung pucuk untuk tanaman bougenvil.
Sambung pucuk adalah salah satu teknik pembiakan vagetatif pada tanaman. Tidak terlalu sulit jika kita sudah mengetahui tekniknya. Berbekal sedikit pengalaman pernah melakukan teknik sambung pucuk ketika duduk di bangku sekolah dan kuliah saya pun memenuhi permintaan Emak.
Karena sudah lama tidak memprakterkkan ilmu ini, sambung pucuk pertama yang saya lakukan gagal. Bagian tanaman yang disambungkan layu dan mati setelah disambungkan. Namun saya belum menyerah. Saya mencoba melakukan sambung pucuk pada pucuk yang lain. Hasilnya masih sama, bagian yang disambungkan tetap saja layu dan mati. Saya masih mencoba beberapa kali lagi, namun tetap belum memberikan hasil yang menggembirakan.

Pucuk Layu dan Busuk Setelah Satu Minggu
Saya mulai jengkel dan ingin menyerah saja. “Mendingan beli aja di tempat pembibitan bunga” pikir saya waktu itu.
Namun, tiba-tiba saya teringat bahwa Thomas Alfa Edison melakukan lebih dari 99 kali percobaan hingga akhirnya menghasilkan satu lampu fijar yang berfungsi. Coba seandainya dia menyerah pada percobaan yang ke 99 itu. Mungkin hingga hari ini kita masih berada dalam kegelapan. Lalu, saya mencoba melihat pada kondisi saya saat itu. Percobaan sambung pucuk yang saya lakukan mungkin baru hitungan jari. Itu artinya saya baru mengalami sedikit kegagalan. Jika saya menyerah dengan kegagalan ini, berarti saya tidak akan pernah bisa untuk selamanya. Tapi, kalo saya terus mencoba, saya akan terus belajar dan memperbaiki kesalahan. Boleh jadi pada percobaan berikutnya saya berhasil.
Berkaca dari semangat Thomas Alfa Edison, saya pun memutuskan untuk #BeraniLebih Banyak Mencoba. Saya tidak boleh menyerah dengan dua, tiga kali kegagalan. Saya akan terus mencoba dan mencoba hingga kegagalan itu bosan menghampiri saya.
#BeraniLebih banyak mencoba bukan berarti mengulang-ulang sesuatu dengan cara yang sama. Akan tetapi dalam mencoba ada proses belajar. Ulangi dan perbaiki kesalahan yang ada. Try and error. Cari tau penyebab mengapa percobaan pertama, kedua dan seterusnya gagal, kemudian temukan solusinya.
#BeraniLebih Banyak Mencoba
Hingga akhirnya pada kali mencoba berikutnya, membuahkan hasil yang menggembirakan. Sambung pucuk yang saya buat tidak lagi layu. Pucuk tetap segar, meski sudah berusia satu minggu semenjak disambung. Sekitar satu minggu lagi saya kira plastik pelindungnya sudah bisa dibuka. Dan tinggal menunggu waktu, bougenvil dengan bunga warna warni dalam satu pohon akan dimiliki. 
Akhirnyaaa....Berhasil!
Senangnya bisa mewujudkan keinginan Emak untuk memiliki bunga bougenvil aneka warna. Andai saya berhenti mencoba kemarin, mungkin saya tidak akan pernah bisa mewujudkan keinginan Emak dengan tangan sendiri. Alhamdulillah saya memutuskan untuk #BeraniLebih Banyak mencoba. Sehingga bisa melukis senyum puas di wajah Emak.
So, sahabat, yuk #BeraniLebih Banyak Mencoba. Agar semakin banyak mimpi orang-orang tersayang yang berhasil diwujudkan oleh tangan kita.

Neti Suriana
Twitter: @Aura_Husna


Friday, 24 April 2015

Inilah 3 Alasan Mengapa Kita Harus Menyegerakan Kebaikan

Seringkali kita menunda-nunda amal baik dengan berbagai pertimbangan. Padahal peluang amal itu sudah terbentang di depan mata. Peluang pahala sudah menanti-nanti tangan kita untuk meraihnya. Namun, lagi-lagi karena berbagai alasan remeh peluang besar itu kita abaikan.
Manusia memang mahluk yang lemah, sangat lemah. Hatinya mudah sekali dibolak-balikkan oleh sifat ragu-ragu. Langkahnya dengan gampang sekali dicekal oleh rasa malas, rasa takut dan tidak percaya diri. Sehingga, peluang besar, dan keuntungan menggunung raib begitu saja dengan sekejab.
"niat baik itu jangan ditunda-tunda" petuah orang tua tua yang sering kita dengarkan.
Memang benar adanya. Niat baik jangan pernah sekali-kali ditunda-tunda. Segerakan, lakukan secepatnya ketika niat baik itu terlintas di hati. Ketika ada sedikit saja keraguan dan lintasan hati untuk menundanya, segera lawan dengan action melakukan kebaikan itu. Kalau tidak, yakinlah niat baik itu hanya tinggal keinginan yang boleh jadi tidak akan pernah menjadi nyata.
Senyum adalah bagian dari Kebaikan :)

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kita harus menyegerakan niat baik, yaitu:
Pertama: Karena Kita Bukan Penguasa Waktu
Memang, kemungkinan masih panjang waktu terhampar di depan. Tapi, kita bukan pemilik waktu dan bukan penguasa waktu. Bahkan, waktu satu detik ke depan belum tentu milik kita. Kita juga tidak mungkin mengendalikan perjalanan waktu. Lalu, siapa yang bisa menjamin bahwa kebaikan yang kita niatkan bisa terealisasi jika tidak disegerakan? 
Jadi, yang bisa kita lakukan sebagai mahluk yang dianugerahkan alokasi waktu yang sangat terbatas adalah bersegera memanfaatkan setiap jenak waktu dengan maksimal. Jangan pernah berpikir, "saya masih ada waktu, saya masih punya waktu, saya masih memiliki banyak kesempatan."
Ya mungkin, mungkin kita memang masih punya banyak waktu untuk merealisasikan niat baik itu. Tapi, bukankah tanggung jawab kita yang lain juga masih banyak? Bukankah, kebaikan-kebaikan lain juga sudah mengantri untuk segera direalisasikan?
Sebab wahai diri yang selalu berdalih dan gemar menunda-nunda kebaikan, waktu yang kita punya sangat terbatas. Karena itu, bergegaslah, bersegeralah! Sebelum semua kesempatan itu melayang.

Kedua: Begitu Banyak Musuh yang Tidak Menginginkan Niat Baik Itu Terlaksana
Niat baik yang terlintas di hati adalah amal kebaikan yang akan meninggikan derajat kita di hadapan Sang Khalik dan Mahluk.  Besarnya efek dari kebaikan itu, sebanding dengan besarnya halangan dan rintangan yang akan kita hadapi. Mulai dari musuh abadi manusia (syetan) yang tidak akan pernah rela kita bersegera melakukan kebaikan. Dia akan berjuang pol polan untuk meniupkan rasa was-was, rasa malas dan membujuk hati kita untuk menunda-nunda kebaikan tersebut. Sehingga, tanpa kita sadari sedikit demi sedikit ghiroh untuk melaksanakan niat baik tersebut menguap dari diri kita.
Jadi, jangan tunda lagi untuk merealisasikan niat baik. Bersegeralah! Jangan beri peluang pada musuh abadi kita untuk meniupkan jurus-jurus saktinya untuk melemahkan hati kita.Sebab, menunda kebaikan sama artinya dengan memberi peluang pada mereka untuk melemahkan niat di hati kita.

Ketiga: Menyegerakan Kebaikan Berarti Kita Sedang Mengundang Keberuntungan
Setiap satu kebaikan akan mengundang kebaikan-kebaikan lain untuk menghampiri kehidupan kita. Begitulah sunnatullahnya. Setiap kebaikan yang datang tanpa kita berniat untuk mendapatkannya disebut dengan keberuntungan. Tidak semua orang bisa mendapatkan keberuntungan yang sama. Hanya mereka-mereka yang terpilih saja yang bisa mendapatkannya. Yaitu, mereka-mereka yang telah mengundang keberuntungan tersebu dengan kebaikan-kebaikan yang disegerakan. Jadi, segerakanlah setiap lintasan niat baik! Agar, pintu-pintu keberuntungan itu semakin terbuka lebar di hadapan kita.

#Selfreminder
Untuk diri yang masih sering menunda-nunda niat baik

Wednesday, 15 April 2015

Teknologi Pintar Honda Menjawab Impianku

Pertama kali kembali ke daerah aku benar-benar bingung mau bepergian ke mana-mana. Bagaimana tidak, di sini jarak satu tempat ke tempat lain sangat berjauhan. Untuk mendapatkan akses internet saja saya harus ke kota kecamatan yang jaraknya hampir 10 km dari desa. Jangan bayangkan di sini ada angkot atau bis yang ngetem di mana-mana. Di sini tidak ada angkutan umum kawan.! Tidak ada angkot, apa lagi bis yang siap mengantarkan kita ke mana-mana. Yang ada hanya becak motor, itu pun jarang ditemukan. Biasanya mereka hanya beroperasi di kota kecamatan. Satu dua terkadang melintas di daerah pedesaan kami saat hari pasar.
Lalu bagaimana masyarakat di sini untuk pergi ke mana-mana?
Jawabannya adalah menggunakan sepeda motor. Yak, di sini rata-rata setiap rumah tangga memiliki sepeda motor. Minimal satu rumah punya satu sepeda motor, sebagai sarana transportasi bagi anggota keluarga untuk bepergian. Demikian juga dengan keluargaku. Di rumahku saat itu ada satu sepeda motor yang digunakan secara bergantian untuk bepergian.
Masalahnya, satu sepeda motor tidak mungkin bisa melayani kebutuhan lima anggota keluarga dengan kesibukan dan aktivitas yang berbeda setiap harinya. Untuk itu aku kemudian memutuskan untuk membeli sepeda motor sendiri. Dengan pertimbangan kualitas yang sudah teruji saat itu, aku dan keluarga memutuskan untuk membeli sepeda motor honda tipe SupraX 125R. Kami sekeluarga percaya dengan produk honda karena memang dari dulu honda sudah dikenal sebagai merk sepeda motor berkualitas menjadi pilihan pertama di daerah kami. Saking lekatnya honda dengan masyarakat di daerah kami, sampai-sampai untuk menyebut sepeda motor, apapun merknya tetap dengan sebutan HONDA.
Setelah memiliki sepeda motor honda tipe Supra X 125R, aku menjadi lebih leluasa untuk bepergian ke berbagai tempat. Sepeda motor honda ini cukup bertenaga dan nyaman digunakan untuk perjalanan jauh dan menerjang medan yang sulit di daerah kami. Jadi, sarana transportasi tidak lagi menjadi masalah bagiku saat ini. Mau ke mana pun gampang dengan sepeda motor honda.
Namun, sabagaimana sifat manusia yang cenderung selalu merasa belum puas dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi. Demikian juga dengan aku. Meski sudah merasa nyaman menggunakan Honda SupraX 125R aku masih sering berandai-andai mengendarai sepeda motor yang lebih nyaman dari itu. Sebagai perempuan yang kemana-mana memakai rok, aku sangat mendambakan sepeda motor yang nyaman dan menunjang kefeminimanku dalam berkendaraan. Dan Aku berpikir bahwa motor matic adalah jawaban untuk keinginan tersebut.
Sekarang akupun berpikir untuk membeli sepeda motor matic yang pastinya lebih nyaman digunakan oleh perempuan pecinta rok seperti aku. Karena tidak perlu ribet mengangkat rok saat mengendarainya. Tapiii…, sepeda motor matic? Tunggu dulu deh. Soalnya, rumor yang sering aku dengar tentang sepeda motor matic itu kurang begitu bagus. Katanya, sepeda motor matic itu boros bahan bakar. Aduuuh, BBM mahal-mahal begini masak harus menggunakan sepeda motor yang boros BBM? Katanya lagi nih, sepeda motor matic itu tidak ramah lingkungan. Karena, pembakaran pada mesinnya kurang sempurna. Inilah yang menyebabkan sepeda motor matic boros BBM dan banyak mengeluarkan polutan berbahaya yang lebih banyak ke lingkungan. Haduh…, ngak banget deh mengendarai kendaraan yang tidak ramah lingkungan. Mendingan naik sepeda ajah hihi… :D Dan katanya lagi sih, sepeda motor matic itu kurang bertenaga. Larinya tidak sekencang sepeda motor bebek. Hmmm…jadi berpikir dua tiga kali lagi untuk beli sepeda motor matic.
Padahal, sepeda motor ideal dalam impianku adalah sepeda motor yang ramah dengan perempuan pecinta rok, irit bahan bakar, ramah lingkungan dan bertenaga. Awalnya aku berharap sepeda motor matic adalah jawabannya. Tapi, mendengar rumor itu…, aku jadi ragu!
“Hei, tapi itukan cuma rumor say! Belum terbukti kebenarannya” tiba-tiba suara batinku mengingatkan.
Iya juga ya, mengapa aku percaya begitu saja dengan rumor yang tidak jelas sumbernya? Mengapa aku tidak mencari tau sendiri kebenarannya dari sumber yang terpercaya? Inilah yang kemudian menggerakkanku untuk mencari tau lebih jauh tentang kelemahan dan kelebihan motor matic. Sekaligus mencari tau motor matic dari brand mana yang terbaik.
Rasa keingin tahuan ini yang kemudian membawaku terdampar di website www.welovehonda.com. Anda tau info apa yang menarik perhatianku di website ini? Ya, Honda Smart Technology (Teknologi Pintar Honda) dengan salah satu tagline teknologinya ‘Lebih Irit, Bertenaga, Ramah Lingkungan’ langsung menarik perhatianku. Bagaimana tidak? Irit, bertenaga dan ramah lingkungan, itukan kriteria motor impianku? Dengan antusias tinggi aku langsung menelusuri informasi seputar Teknologi Pintar Honda yang disematkan pada motor matic terbaru produksi PT Astra Honda Motor ini dengan teliti.
Kebetulan pada saat yang bersamaan aku juga membaca info bahwa blogdetik.com sedang mengadakan lomba blog tentang Teknologi Pintar Honda ini. Nah, kebetulan sekali kan? Mengapa tidak aku tuliskan saja informasi yang kuperoleh tentang Teknologi Pintar Honda ini di blog? Selain untuk membantu meluruskan rumor negatif tentang motor matic, juga untuk ikut meramaikan kontes yang diadakan oleh blogdetik dan Honda ini. Siapa tau menang ya kan? :)
Teknologi Pintar Honda
(Sumber Image: http://microsite.detik.com/minisite/hondasmarttechnology/)
Oke, jadi apa saja keunggulan dari Teknologi Pintar Honda. Inilah beberapa informasi yang berhasil aku rangkum dari website WeLoveHonda:

Pertama: Irit, Bertenaga dan Ramah Lingkungan
Menurutku salah satu alasan mengapa HONDA selalu menjadi sepeda motor pilihan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah karena honda selalu mampu menjawab kebutuhan konsumen. Ketika masyarakat tengah gusar dengan kenaikan harga BBM yang melambung tinggi, honda hadir dengan inovasi fitur-fitur canggih yang mendukung teknologi irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Ketika masyarakat butuh alat transportasi yang gesit, honda hadir dengan teknologi mesin yang mampu lari dengan kecepatan mencapai 160 Km/jam. Honda juga mendukung gerakan go green dengan menghadirkan teknologi-teknologi canggih untuk mengurangi produksi gas emisi yang dapat mencemari lingkungan.
Begitulah honda, selalu berinovasi untuk menjawab kebutuhan konsumen dengan Teknologi Pintarnya. Kali ini perangkat Teknologi Pintar Honda hadir dengan serangkaian inovasi fitur canggih yang patut diacungi jempol. Perangkat Teknologi tersebut mereka sebut dengan eSP (enhanced Smart Power). Apa itu eSP? eSP merupakan inovasi teknologi mesin matic terbaru dari honda yang sudah diterapkan secara global melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG starter. Aplikasi teknologi ini dirancang dengan sangat sempurna. Sehingga menghasilkan performa tinggi serta efisiensi bahan bakar yang oke dan ramah lingkungan. Kehadiran teknologi eSP inilah yang menghasilkan motor yang lebih irit, bertenaga dan ramah lingkungan.

eSP
(Sumber Image: http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/)
Selain itu Teknologi Pintar Honda juga dilengkapi dengan dengan fitur teknologi yang mereka sebut dengan PGM-FI. Yakni sebuah sitem injeksi pemasok bahan bakar dan oksigen yang dikendalikan secara elektronik. Teknologi ini membantu proses pemasokan bahan bakar dan oksigen secara efisien sesuai dengan kebutuhan mesin. Perangkat teknologi PGM-FI juga membantu menciptakan pembakaran yang sempurna pada mesin, sehingga mesin lebih irit bahan bakar dan minim gas emisi.

PGM-FI
(Sumber Image: http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/)
Fitur lain pada Teknologi Pintar Honda adalah Idling Stop System (ISS). Fitur yang terkesan simpel namun berkelas. Fitur ini mendukung efisiensi penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang yang lebih baik. Dengan fitur teknologi ISS ini mesin akan otomatis mati setelah berhenti lebih dari tiga menit dan otomatis menyala kembali ketika tuas gas diputar. Teknologi ini membantu mencegah terjadinya pemborosan bahan bakar saat motor tidak dijalankan. Sehingga mesin lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.
Idling Stop System
(Sumber Image: http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/)
Kedua: Aman Dikendarai
Diawal sudah diceritakan bahwa motor matic merupakan motor impianku sebagai pecinta rok sejati. Karena sangat nyaman dan aman dikendarai oleh pemakai rok. Namun, dengan inovasi Teknologi Pintar Honda keamanan menggunakan sepeda motor matic menjadi lebih sempurna. Sebab dengan Teknologi Pintar Honda, motor matic dilengkapi dengan teknologi Combi Brake System (CBS). Teknologi yang membantu menyeimbangkan proses pengeremen pada roda depan dan belakang secara optimal. Sehingga rem depan dan belakang bisa berfungsi dengan tepat. Nah, dengan teknologi ini pengendara akan lebih nyaman saat mengurangi kecepatan lacu kendaraan secara mendadak sekalipun.
CBS
(Sumber Image: http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/)
Ketiga: Lebih Nyaman
Teknologi Pintar Honda juga dilengkapi dengan fitur LED Headlight. Sebuah teknologi yang menunjang penerangan motor saat digunakan pada malam hari. LED Headlight menunjang penerangan motor dengan daya sorot yang lebih terang dan lampu LED yang hemat daya. Memiliki tingkat pencahayaan yang baik, lebih efisien namun memiliki tingkat panas yang lebih rendah. Sehingga lebih awet dan tahan lama.
LED HEADLIGHT
(Sumber Image: http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/)
Cukup sampai disitu saja kah keunggulan Teknologi Pintar Honda?
Ternyata tidak. Honda tidak hanya menjawab kebutuhan kita akan kenyaman dan keamanan saat berkendaraan. Akan tetapi honda juga mampu menjawab kenyaman dan keamanan kita saat meninggalkan motor di parkiran. Sering kan kita bingung mencari posisi honda saat ditinggal di parkiran umum? Mungkin karena lupa posisi motor saat ditinggalkan atau karena posisi motor yang sudah berubah karena dipindahkan oleh tukang parkir.
Nah, dengan Teknologi Pintar Honda hal itu tidak lagi menjadi problem. Sebab, Teknologi Pintar Honda saat ini dilengkapi dengan fitur canggih yang mereka sebut dengan Answer Back System. Sebuah teknologi yang sangat membantu kita mencari posisi motor di parkiran. Sistem ini bekerja dengan dukungan sinyal radio melalui remote control. Kita cukup menekan remote control yang sudah terintegrasi pada kunci. Secara otomatis motor akan memberikan tanda berupa suara yang dihasilkan buzzer dan kedipan lampu sein depan dan belakang. Sehingga kita bisa mengidentifikasi posisi motor dengan mudah dan cepat.
Teknologi seperti ini lagi-lagi terkesan simpel, tapi sangat membantu sekali. Bayangkan andai kita harus mencari motor kita diantara ratusan motor diparkiran tanpa bantuan teknologi ini. Tentu membutuhkan waktu yang lama bukan? Tidak jarang kita terpaksa mencocokkan nomor polisi, karena banyak motor yang serupa. Apalagi bagi orang yang rada-rada gampang lupa seperti aku ini. Aduh, fitur answer back system ini benar-benar sangat membantu. Jadi makin tertarik untuk memiliki motor matic yang dilengkapi dengan Teknologi Pintar Honda ini.
Answer Back System
(Sumber Image: http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/)
Nah, itulah sekilas informasi yang berhasil aku himpun dari website WeLoveHonda. Cukup bisa menjawab rasa keingin tahuanku tentang teknologi yang diterapkan pada motor matic honda saat ini. Jadi, rumor yang berkembang di lingkunganku tentang motor matic ternyata tidak sepenuhnya benar. Buktinya, Honda dengan teknologi pintarnya justru menjawab kebutuhan kita akan motor yang irit bahan bakar, bertenaga, ramah lingkungan, aman dan nyaman lagi.
Duh, Honda Smart Teknologi benar-benar Teknologi Pintar yang mengerti kebutuhanku. Jadi makin pengen punya skuter matic dari honda :)
 Referensi:
http://microsite.detik.com/minisite/hondasmarttechnology/about

Menjejali Anak SD dengan Les Tambahan?

Tema CollabBlogging pekan ketiga ini bagi saya cukup sulit yakni tentang perlu menjejali anak SD dengan les tambahan? Mengingat saya be...